Mahasiswa Universitas Malikussaleh Buat Briket Arang dari Batok Kelapa

0
11
Mahasiswa Unimal mengolah batok kelapa menjadi briket arang di Gampong Keude Matang Glumpang Dua, Kecamatan Peusangan, Bireuen, kamis (8/7/2021).

KLIKACEH, BIREUEN – Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melakukan pelatihan pemberdayaan energi biomassa berupa pembuatan briket arang dari batok kelapa kepada masyarakat di Gampong Keude Matang Glumpang Dua, Kecamatan Peusangan, Bireuen, kamis (8/7/2021).

Pelatihan tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada kelompok 35 Universitas Malikussaleh semester genap 2020/2021.

Ketua kelompok KKN, Khawarizmi mengatakan, pembuatan briket arang ini tidak sulit, karena bahan baku batok kelapa banyak tersedia di gampong tersebut. Pelatihan ini juga merupakan salah satu program dari kelompok 35.

“Pembuatan briket dengan tempurung kelapa mudah dan sederhana dan juga memiliki banyak manfaat. Briket arang memiliki nilai ekonomis yang tinggi apabila dikemas dengan menarik,”ujar Khawarizmi.

Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Safwandi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh kelompok tersebut.

“Selain bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, penggunaan batok kelapa sebagai briket arang juga dapat meningkatkan pemanfaatan limbah hasil hutan, menghemat penggunaan kayu sebagai hasil utama hutan sehingga kita dapat meminimalisir penebangan hutan dan ikut serta dalam usaha pelestarian lingkungan,” tutupnya.

Sumber: UnimalNews

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan beri komentar anda
Silahkan ketik nama anda disini