Lapas Kelas IIB Blangpidie Gelar Khatam Al Qur’an bersama Napi

0
54

KLIKACEH, BLANGPIDIE : Dalam upaya meningkatkan Kegiatan pembinaan kepribadian dan kerohanian, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Blangpidie Lapas melalui jajaran Binadik menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait di kab. Abdya yaitu menggandeng Kantor Kementerian Agama, Majelis pemusyawaratan Ulama ( MPU ), para penyuluh Agama Islam serta pimpinan dayah yang ada di lingkungan Lapas Blangpidie kab.  Aceh Barat Daya, 

Dalam pembinaan kerohanian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Blangpidie, saat ini lebih di tekankan pada kemampuan membaca Al-qur’an bagi seluruh WBP dan kajian- kajian keislaman tentang tata cara beribadah dan proses menuju taubat. 

Selama bulan Suci Ramadhan, ada beberapa kegiatan pembinaan kepribadian dan kerohanian  yg sudah berjalan. pihak MPU Abdya mengadakan safari ramadhan sejak awal bulan Ramadhan, dengan mengirimkan 5 orang penceramah terbaik ke Lapas blang Pidie setiap harinya, guna memberikan tausiah ba’da shalat zhuhur berjamaah  di musalla lapas serta kajian-kajian keislaman dengan motode interaktif tanya jawab bersama warga Binaan Lapas Blang Pidie.  terlihat  WBP sangat antusias mengikuti kajian yang  direncanakan akan berakhir sampai dengan tanggal 23 April 2022 nanti. 

Pihak Kankemenag Abdya juga telah melaksanakan kunjungan awal pada akhir maret 2022,  untuk bersilaturrahmi dan koordinasi dengan pihak Lapas, pada saat itu turut KUA Kec. Blangpidie turut menghibahkan sejumlah Mushaf Al Qur’an kepada WBP lapas. sebagai bentuk komitmen kankemenag abdya pada pembinaan kepribadian dan kerohanian yang lebih di fokuskan pada program peningkatan kemampuan WBP dalam membaca Al Qur’an dan pelaksanaan shalat farzu berjamaah 5 waktu di Lapas. 

Puncaknya Pada hari selasa tanggal 19 April 2022  bertepatan dengan 17 Ramadhan 1443 H. Plt. kepala kantor kementerian Agama Kab. Abdya Khairul Huda, SHI di dampingi oleh KUA Kec. Blangpidie serta koordinator penyuluh dari KUA Kec. Setia beserta 30 orang tim penyuluh menyambangi langsung Lapas Blangpidie untuk  melaksanakan giat  Khatam Al-Qur’an sehari bersama Napi, yang  di mulai dari pukul 09.00 – 11.30 Wib, kegiatan yang berlangsung di Musalla Lapas dan diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan serta jajaran kanKemenag Aceh Barat Daya. 

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Kalapas Bapak Achmad  widodo, kasi Binadik/Gitaja  Rusydi, SHI. dan jajaran Lapas Blangpidie. Dalam sambutannya Achmad Widodo berharap agar semua yang hadir dan mengikuti giat ini  dapat mengukuti semua rangkaian kegiatan pembinaan kepribadian ini dengan baik, agar dapat memperkuat keimanan dan meraih ridha Allah SWT. baik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Blangpidie maupun pegawai Lapas Blangpidie.

Pada kesempatan itu juga, Kalapas  memohon kepada Kankemanag agar secara rutin kegiatan pembinaan kerohanian di lapas terus dapat dilaksanakan .

Kasi Binadik Rusydi menambahkan bahwa salah satu prioritas pembinaan kepribadian bagi WBP Lapas Blangpidie saat ini adalah gerakan WBP baca Al Qur’an dalam blok / kamar hunian yang terus kita galakkan dari masing-masing kamar, dengan pola napi yang sudah dilatih mengajar metode iqra’ harus mengajar Napi lain yang belum bisa membaca Al qur’an, dan program ini selalu kita evalusi dengan serius setiap minggu. kita juga terus memacu WBP untuk belajar tatacara  dan tuntunan shalat 5 waktu secara  berjamaah, baik di musalla lapas maupun dikamar masing-masing. Program ini merupakan langkah-langkah kita dalam upaya mewujutkan Napi yang cinta mengaji menuju napi yang Qur’ani, islami dan madani insya Allah, tandas Rusydi. (RLS/BIS)

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan beri komentar anda
Silahkan ketik nama anda disini