Dosen Universitas Al Muslim Menjadi Tim Asesor UKK Jurusan Agribisnis

0
164

KLIKACEH, BIREUN : Dosen Fakultas pertanian Universitas Almuslim Bireuen, Ajmir Akmal, SP.,M.Si menjadi tim Assesor Uji Kompetensi Keahlian (UKK) pada jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK Negeri 1 Simpang Mamplam  Bireuen, Selasa (18/05/2022).

Keterlibatan dosen Universitas Almuslim sebagai Assesor Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di harapkan mampu memberikan dukungan dan  peran aktif para siswa dalam mengikuti serangkaian kegiatan UKK. keterlibatan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Almuslim UKK ini juga merupakan bentuk dukungan dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya SMK yang ada di Aceh.

SMK N 1 Simpang Mamplam yang merupakan salah satu sekolah Menengah Kejuruan  di wilayah Kabupaten Bireuen, akan membekali siswa/i nya dalam mengikuti Uji Kompetensi Keahlian khusus nya pada jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura dan beberapa jurusan lainya yang berlangsung pelaksanaan UKK nya  pada 18-20 Mei 2022.

Uji Kompetensi Keahlian merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan di SMK, untuk mempersiapkan siswa/i nya menjadi lulusan yang siap bersaing di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI).

Dalam UKK ini, keahlian yang akan diuji adalah penugasan Perorangan dalam penyiapan lahan Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura. aksesor akan memberikan penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang siswa/i miliki. Lulusan SMK di harapkan mampu menjadi lulusan yang mempunyai kelebihan skill secara mandiri.

Tinggi nya persaingan, penyerapan tenaga kerja, mengharuskan lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) wajib memiliki keahlian dengan standar kompetensi nasional sebagai bukti telah mampu menguasai suatu bidang ilmu yang dipelajari.

Selain itu, siswa juga akan memperoleh manfaat dari UKK sebagai pencapaian kompetensi, serta proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang ditempuh.

Dalam UKK ini juga ada aksesor dari internal sekolah, pada kesempatan ini yang menjadi aksesor internal di Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura adalah ibu Yuni Riawani SP. (RLS/ BOS)

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan beri komentar anda
Silahkan ketik nama anda disini