BI Lhokseumawe Dorong Pengembangan Bank Sampah Bersama Santri Dayah

0
2733
Kepala Bank Indonesia Lhokseumawe, Yufrizal(Baju Putih ) saat meresmikan Bank Sampah, Kamis (16/01/2020)

KLIKACEH, LHOKSEUMAWE : Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe mendorong Santri Dayah Darul Ulum A-Munawwarah, Lhok Mon, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, mengembangkan unit usaha potensial di pondok pesantren setempat. Adapun unit usaha yang dikembangkan yakni, program pengolahan sampah atau kerap disebut bank sampah.

Rencananya bank sampah yang dikelola oleh santri dayah tersebut yakni, menampung botol bekas air mineral, berbagai atom plastik, kemudian digiling, dijemur serta dipacking untuk di jual ke Sumatera Utara. Selain itu, juga ada tempat pengolahan pupuk serta mengolah pakan ternak.

Kepala Kantor Perwakilan BI Lhokseumawe, Yufrizal mengatakan, selama ini sering dianggap tidak bernilai padahal sampah tersebut bisa dijadikan rupiah. Misalkan plastik dan bekas air mineral dalam kemasan, jika diolah bisa menghasilkan nilai rupiah yang tinggi.

“ Potensi di Lhokseumawe besar dan luar biasa, selama ini sampah itu tidak dikelola dengan baik, atau dijual dalam bentuk mentah sehingga nilai tambah kurang, namun setelah diolah bisa memiliki nilai tambah berkali lipat,” jelasnya , Kamis (16/1/2020).

Yufrizal merincikan dengan ada bank sampah itu, bisa memenuhi segala aspek, yakni lingkungan bersih kemudian ada keberkahan ekonomi.

” Alhamdulillah mendoronb peningkatab perekonomian dan sebagai bentuk kepedulian terhadap alam dan lingkungan juga ” tandasnya. (RLS/BOS)

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan beri komentar anda
Silahkan ketik nama anda disini