BI dan BSI Cabang Langsa 2 Gelar Relaunching Kas Titipan dan Luncunrkan Program Serambi Rupiah Ramadan

0
112

KLIKACEH, LANGSA :Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe bersama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Langsa 2 menyelenggarakan Acara Relaunching Kas Titipan Langsa dan Launching Program Serambi Rupiah Ramadhan yang diadakan di BSI Kantor Cabang Langsa 2 sebagai Bank Penyelenggara Kas Titipan, Kamis (14/04/2022).Kas Titipan Langsa, merupakan Kas Titipan yang telah dibuka pada tahun 2019 dengan PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk sebagai bank pengelola. Namun semenjak dikonversinya BNI menjadi BNI Syariah dan kemudian dilakukan penggabungan dengan Bank Syariah BUMN lainnya menjadi BSI, diperlukan penggantian bank pengelola kas titipan yang sebelumnya PT BNI menjadi PT BSI. Melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) Kas Titipan yang ditandatangani pada tanggal 6 Oktober 2021, pada hari ini kas titipan resmi dibuka kembali.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Rio Wardhanu menyampaikanKas titipan Langsa yang dibuka kembali ini sebagai bentuk dukungan Bank Indonesia dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang rupiah.

“ Kebutuhan yang mencakup wilayah Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Aceh Tamiang dan sekitarnya” katanya.

Diharapkan lewat terselenggaranya kas titipan, dapat menjaga tingkat ketersediaan uang rupiah di Kota Langsa dan sekitarnya serta menjaga kualitas kelayakan edar uang yang beredar di masyarakat di wilayah Kota Langsa dan sekitarnya.

Bersamaan dengan dibukannya kembali Kas Titipan Langsa, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe juga melakukan Launching Program “Serambi Rupiah Ramadhan” yakni program menyambut Ramadhan 1443H dengan salah satu kegiatannya yakni pelayanan penukaran uang rupiah pecahan kecil kepada masyarakat bekerjasama dengan 7 (tujuh) perbankan di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe. Kegiatan penukaran ini berlangsung sejak tanggal 11 April 2022 hingga 28 April 2022. Masyarakat dapat menukarkan uang pecahan kecil di 47 titik jaringan perbankan dari 7 Perbankan Syariah di seluruh wilayah kerja KPw BI Lhokseumawe. • Selain itu, Masyarakat juga dapat melakukan penukaran pada mobil kas keliling Bank Indonesia dengan engan terlebih dahulu mendaftar pada aplikasi Pintar. Aplikasi ini dapat diakses melalui https://www.pintar.bi.go.id/. Setelah itu silahkan pilih lokasi yang tersedia di 10 titik penukaran uang baru, di antaranya :

1. Pada tanggal 11 April 2022 di Pasar Krueng Geukueh

2. Pada tanggal 12 April 2022 di Pasar Kota Lhokseumawe

3. Pada tanggal 13 April 2022 di Pasar Lhoksukon

4. Pada tanggal 14 April 2022 di Pasar Geudong

5. Pada tanggal 18 April 2022 di Pasar Krueng Mane

6. Pada tanggal 19 April 2022 di Pasar Cunda

7. Pada tanggal 20 April 2022 di Pasar Keude Bayu

8. Pada tanggal 21 April 2022 di Pasar Geudong

9. Pada tanggal 25 April 2022 di Pasar Kota Lhokseumawe

10. Pada tanggal 26-27 April 2022 di Masjid Agung Islamic Center

Bank Indonesia Lhokseumawe menyiapkan sebanyak 1,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Ramadhan dan Idul Fitri. Untuk Kota Langsa, dipersiapkan sebanyak 135 miliar lewat dropping kas titipan saat peresemian hari ini. Diharapkan kas titipan Langsa ditambah 8 titik penukaran di perbankan di area Kota Langsa mampu membantu dalam hal pemenuhan kebutuhan masyarakat pada Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.      

Rio Wardhanu Menambahkan “Selain kegiatan” penukaran uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Bulan Ramadhan dan menjelang idul fitri, dalam rangkaian Program Serambi Rupiah Ramadhan Bank Indonesia juga melakukan beberapa rangkaian kegiatan mulai dari pemilihan Da’i Cilik, Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah edisi Ramadhan, serta dilakukan talkshow Cinta, Bangga, Paham rupiah di media-media lokal yakni di Puja TV dan Radio Republik Indonesia. 

“Harapannya rangkaian kegiatan tersebut dapat menjadi wadah edukasi masyarakat dalam rangka peningkatan pengetahuan masyarakat terkait Uang Rupiah dalam balutan nilai-nilai keislaman”. (RLS/BIS)

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan beri komentar anda
Silahkan ketik nama anda disini